Twitter

Ads Here

LYMPO.IO - MONETIZING SPORTS AND HEALTH DATA VIA BLOCKCHAIN

Lympo’s ecosystem is comprised of an app which is a fitness wallet that rewards users with Lympo tokens (LYM) for sharing and achieving t...

Pengikut

Cari Blog Ini

About

captain_jack_sparrow___vectorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →

Popular Posts

Sabtu, 01 Desember 2012

BAB 5 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI



BAB 5 IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI


Moral etika dan hukum
 
a.    Moral
Tradisi kepercayaan mengenai prilaku benar dan salah. Moral adalah institusi dengan suatu sejarah dan daftar peraturan.

b.    Etika
Suatu karakter atau Satu set kepercayaan,standar,atau pemikiran yang mengisi suatu individu,kelompok atau masyarakat.

c.    Hukum
Peraturan prilaku formal yang di paksakan oleh otoritas berdaulat seperti pemerintahan pada rakyat atau warga negaranya.hingga sekarang sangat sedikit hukum yang mengatur pengguna komputer.
Etika dan jasa informasi
   
Menurut  James H.Moor,profesor dari Dormouth mendefinisikan etika komputer sebagai analisis mengenai dampak dan dampak sosial teknologi komputer,serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis. Karna itu terdapat manajer yang paling bertangg ung jawab atas aktivitas tersebut adalah CIO.

Ada tiga alasan utama minat masyarakat yang tinggi pada etika komputer yaitu:
1.    Kelenturan Logika (Logical malleability).
Kemempuan memprogram komputer untuk melakukan apapun yang kita inginkan,komputer bekerja  tepat seperti yang di instruksikan oleh progremernya.

2.    Faktor  transformasi.
Alasan kepedulian pada etika komputer ini di dasarkan pada fakta bahwa komputer dapat menngubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu.
Contohnya fungsi pembelian di suati perusahaan. Hingga sepuluh tahun yang lalu, di perusahaan yang paling maju dalam penggunaan komputer,komputer akan memberitahu pembeli bahwa sudah waktunya untuk mengisi kembali persediaan.

3.    Faktor tak kasat mata
Karena komputer di pandang sebagai suatu kotak hitam. Semua oprasi internal komputer tersembunyi dari penglihatan.oprasi internal yang tidak nampak ini membuka  peluang pada nilai-nilai pemograman yang tidak terlihat,perhitungan rumit yang tidak terlihat dan penyalah gunaan yang tidak terlihat.


Hak atas komputer
    Komputer adalah peralatan yang begitu penuh daya sehingga tidak dapat di pisahkan dari masyarakat.yakni bahwa masyarakat memiliki hak akses komputer,keahlian komputer.,sppesialis komputer dan pengambilan keputusan komputer.
a.    Hak atas akses komputer
Setiap orang tidak perlu memiliki komputer,seperti juga tidak setiap orang memiliki mobil. Namun,pemilikan atau akses komputer merupakan kunci mencapai hak-hak tertentu lainnya. Misalnya akses  komputer berarti kunci mendapatkan pendidikan yang baik.

b.    Hak atas keahlian komputer
Saat komputer mula-mula muncul,ada ketakutan yang luas dari para pekerja bahwa komputer akan mengakibatkan pemutusan kerja masal. Hal itu tidak terjadi. Kenyataannya,komputer telah menciptakan pekerjaan lebih banyak dari pada yang di hilangkan.

c.    Hak atas spesialis komputer
Mustahil setiap orang memperoleh setiap pengetahuan dan keahlian komputer yang di perlukan. Karena itu kita harus memiliki akses ke para spesialis tersebut.

d.    Hak atas pengambilan keputusan komputer
Walaupun masyarakat tidak banyak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan mengenai bagaimana komputer di terapkan,masyarakat memiliki hak tersebut.
Hak atas informasi

    Klarifikasi dari hak asai manusia dalam area komputer yang paling luas di puplikasikan adalah PAPA yang dibuat Richard O.Mason. PAPA merupakan suatu singkatan dari privacy,accuracy(akurasi),proprty(kepemilikan),dan accessibility(aksesisbilitas).
Kontrak sosial jasa informasi Yang memastikan bahwa komputer  akan digunakan untuk kebaikan sosial. Jsa informasi membuat konterk tersebut dengan individu dan kelompok yang menggunakan atau yang di pengaruhi oleh output informasinya. Kontrak ini tidak tertulis etapi tersirat dalam segala sesuatu yang di lakukan jasa informasi.
    Kontrak tersebut menyatakan bahwa:
•    Komputer tidak akan digunakan untuk sengaja mengganggu privacy seseorang.
•    Setipa ukuran akan dibuat untuk memastikan akurasi pemerosesan komputer.
•    Hal milik intelektual akan di lindungi.
•    Komputer akan dapat di akses masyarakat sehingga anggota masyarakat terhindar dari ketidak tahuan informasi.


Kode-kode etik
A.    Kode prilaku profesional ACM.
ACM dibentuk pada 1947 dan sekarang merupakan perkumpulan profesional komputer AS tertua. Dan memiliki 80.000 anggota di seluruh dunia. Kode prilaku profesional terdiri dari lima canon;
1.    Seorang anggota ACM selalu bertindak dengan integritas.
2.    Seorang anggota ACM harus berusaha meningkatkan kemampuannya serta kemampuan dan prestise profesi.
3.    Seorang anggota ACM bertanggung jawab atas pekerjaannya.
4.    Seorang anggota ACM bertindak dengan tanggung jawab dan profesional.
5.    Seorang anggota ACM harus menggunakan pengetahuannya dan keahlian khususnya untik                      kesejahteraan umat manusia.

B.    Kode etik DPMA
Didirikan pada tahun 1951 dan memliki sekitar 35.000 anggota di seluruh dunia.misinya adalah”menjunjung manajemen informasi yang efektif dan bertanggun jawab untuk kebaikan para angotanya,para bemberi kerja,dan masyarakat bisnis.

C.    Kode etik ICCP
Didirikan tahun 1973 dengan maksud memberi sertifikat pada para profisional komputr. Sertifikat ICCP meliputi Certified Computer Programer  (CCP) dan certified in data processing (CDP). Untuk mendapat sertifikat, pelamar harus lulus ujian dan seuju untuk terikat pada kode etik ICCP.

D.    Kodde etik ITAA
Didirikan tahun 1961 sebagai suatu asosiasi bagi organisai-organisasi yang memasarkan perangkat lunak dan jasa yang berkaitan dengan komputer.keanggotaanya meliputi ratusan perusahaan seperti Microsoft dan Lotus DevelopmentComporation.dan terdiri atas prinsip-prinsip dasar yang mengatur penilaian,komunikasi dan kualitas jasa dengan klien.

E.    Model SRI
Idealnya,semua perlumpulan profesional bergabung membuat suatu kode etik. Kode etik tersebut harus membahas tanggung jawab setiap orang dalam profesi dalam hal etika penggunaan komputer. Model sri ini unik karena tidak terbatas pada profesional komputer yang beroprasi dalam lingkungan bisnis, tetapi luas jangkkauannya.

Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central processing unit-CPU) adalah tempat di mana pemrosesan data dilakukan. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz),yang berarti juga siklus per detik. Ukuran word adalah hal yang penting;ia akan menentukan beberap banyak karakter,seperti “A” yang disebut di atas, dapat dipindahkan dalam satu siklusprosesor.

Memory
Memory,yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau rndom access memory (RAM),mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memory adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Memory yang terdapat pada komputer mikro mirip dengan besarnya ruang di meja yang depot Anda pergunakan ketika Anda belajar. Memory telah menjadi lebih cepat agar tetap dapat mengikuti prosesor-prosesor yang lebih kuat.

Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya hard drive komputer mikro Anda. Media penyimpanan yang dapat dilepas (Removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita,disk (yang dikenal pula sebagai kaset),flash drive USB (terkadang disebut “pen drive”),CD,atau media jinjing lainnya.

Alat-alat Input (Input Devices)
Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input output,dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.                                                                                                                                                             Data yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard,menekan mouse,menyentuh monitor,berbicara ke mikrofon,atau interaksi lain yang serupa. Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama ,lambat. Kedua,biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin (machine-captured data)—data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.

Alat-alat Output (Output Devices)
Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer,yangterkadang disebut monitor,dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas”telah mendapat banyak perhatian,hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi. Perubahan-perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi percetakan,kecepatan pencetakan,dan warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotokopi,sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.

Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh,informasi dalam entuk teks dapat diproyeksikan kelayar komputer dengan disertai oleh suatu gambar atau video.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer).

Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer (Samsung,Nokia,Ericsson dan lain-lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Beberapah telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek.

Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone)ketika menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo 650 dari palm,Inc. (WWW.PALM.COM) memenuhi definisi smart phone ini. Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya (agenda,nomor telepon,danbanyak lagi )dengan sebuah komputer mikro. Banyak model Tero maupun BlackBerry menggunakan protokol telepon seluler digital GSM (Global System of Mobile Communication). GSM adalah protokol yang paling banyak digunakan di Eropa,Asia,Afrika,dan Australia. Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002,dan mulai menjadi standar di negara tersebut.

Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.”jika anda memiliki TV kabel,Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda.perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah Anda.

Keamanan Komputasi Rumah
Keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang Anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja :update sistem operasi,virus,dan spyware.

PERANTI LUNAK
Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.

Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi,menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer,dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna,peranti lunak aplikasi,dan peranti keras.

Peranti Lunak Aplikasi
Peranti lunak siap pakai (prewritten application software), atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the-shelf,diproduksi oleh pemasok dan di jual kepada pengguna. Pengguna hanya perlu menginstall peranti lunak di peranti keras mereka, dengan sedikit atau tanpa modifikasi,agar dapat dipergunakannya. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :
• Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.                                     
• Peranti lunak siap pakai lebih mudah dari pada peranti lunak khusus.Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaan.

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begituh sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.

KOMUNIKASI
Kecepatan transmisi dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri. Alasannya adalah karena protokol untuk komunikas sistem telepon publik dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi.

Koneksi Publik
Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk transmisi data komputer.

Saluran Pribadi

Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum,yaitu perusahaan telepon.

Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi mahal biayanya,paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran pribadi lebih aman;karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks—VPN) adalah jawaban dari pertanyaan di atas. Untuk mengimplementasikan VPN,organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layana Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling.

Komunikasi—Jaringan
International organization for standardization (WWW.ISO.ORG )  didirikan pada tahun 1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems Interconnection—OSI)    

Protokol untuk Komunikasi Komputer
Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain,dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor;terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah,khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.

Paket
Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya.

Alamat Jaringan Internet  
                                                                                  
Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan,setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki suatu alamat yang unik.ketika menjalankan paket-paket di Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka(yang masing-masing antara 0 hingga 255),yang dipisahkan oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan,host,subjaringan,dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh,alamat IP untuk University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.

JENI-JENIS JARINGAN
Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peran yang berbeda didalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam –macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan,setiap peralatan—setiap komputer,printer atau alat-alat lain yang serupa—harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan.

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)

Jaringan Area Lokal Local Area Network (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan,seperti berada diruangan atau gedung yang sama.

Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain,dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya,internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika Anda memilik satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor yang lain,Anda dapat menggabungkan keduanya,sehingga menciptakan suatu internet.


KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai,kecepatan komunikasi,dan keamanan,ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Semuah komputasi akan dikerjakan oleh prosesor komputer yang ter dapat di dalam telepon Anda.
 

sumber: Sistem Informasi Manajemen Raymond McLeod Edisi 10 dan 1

0 komentar:

Posting Komentar